Tips Langkah Pertama Hadapi Telegram yang Kena Hack

Apa akun telegram kena hack? Berikut ini tutorial cara kembalikan akun telegram kamu serta cara agar telegram tidak bisa di hack oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi chat tidak bisa dipungkiri menjadi bagian banyak orang sekarang ini. Hal tersebut dapat terlihat langsung dari jumlah pengguna aplikasi chat yang tergolong sangat tinggi. Salah satu jenis aplikasi chat yang masih terus ramai digunakan adalah Telegram.

Tentunya hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari berbagai fitur unggul yang dimilikinya. Dibalik segala kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi chat ini tentunya Anda juga tidak bisa menutup mata dengan risiko yang ada.

Baca juga Cara Buat Bot Telegram

Cara mengatasi akun telegram yang di hack
Cara mengatasi akun telegram yang di hack

Salah satu risiko terbesar dari menggunakan aplikasi chat adalah akun yang Anda miliki ternyata  terkena hack. Bukan tanpa alasan karena apabila akun chat sampai terkena hack maka bisa dipastikan akan disalah gunakan oleh hacker.

Tidak terkecuali apabila kasusnya adalah aplikasi chat seperti Telegram yang Anda miliki terkena hack. Untuk itulah, Anda perlu tahu tips langkah pertama hadapi Telegram yang kena hack.

Baca Juga Cara Hack Telegram 2021 Berhasil

Cara Mengatasi Telegram yang di Hack

Cara agar telegram tidak bisa di hack
Cara agar telegram tidak bisa di hack

1. Matikan Sesi yang Aktif

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan ketika mengetahui bahwa akun Telegram terkena hack adalah dengan mematikan sesi yang aktif. Bukan tanpa alasan karena dengan Anda yang mematikan sesi yang aktif maka bisa menurunkan risiko Telegram yang Anda miliki disalahgunakan.

Bagi Anda yang belum tahu caranya, maka bisa diawali dengan membuka menu Telegram terlebih dulu. Lanjutkan dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Privasi dan Sekuriti. Jika sudah, tinggal memilih sesi aktif dan kemudian matikan sesi yang lain.

Apabila Anda melakukan hal yang satu ini dengan benar maka akan membuat semua perangkat yang terhubung dengan Telegram Anda akan keluar secara otomatis.

Jadi secara tidak langsung langkah yang satu ini juga membuat hacker keluar dari akun Telegram yang Anda miliki dan tidak bisa melanjutkan aktivitas hack miliknya lagi.

2. Lakukan Pemberitahuan pada Kontak Telegram

Langkah berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan pemberitahuan kepada kontak telegram. Pastikan bahwa kontak Telegram Anda mengetahui bahwa akun Telegram yang Anda miliki ternyata berhasil diretas oleh orang lain.

Jadi dengan Anda melakukan pemberitahuan seperti satu ini maka bisa mencegah terjadinya risiko penipuan.

Soalnya salah satu tujuan utama hacker melakukan peretas terhadap akun chat tentunya adalah untuk mengambil keuntungan di dalamnya.

Salah satunya seperti melakukan penipuan dengan mengatasnamakan diri Anda pada Telegram tersebut dan kemudian meminta sejumlah uang pada kontak telegram Anda.

Guna mencegah hal tersebut maka sebaiknya Anda segera melakukan pemberitahuan kepada kontak Telegram terdekat.

Tips Mengamankan Telegram untuk Tidak Disadap dan Dihack
Cara Mengatasi Telegram yang di Hack

3. Lakukan Step Two Verification

Apabila akun Telegram yang Anda miliki sampai terkena hack maka pastinya ada yang keliru dengan tingkat keamanannya. Untuk itulah, penting sekali dalam meningkatkan tingkat keamanan dari Telegram tersebut.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan keamanan step two verification pada Telegram Anda.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kebanyakan pengguna Telegram maka biasanya menggunakan keamanan satu tahap saja. Tingkat keamanan yang terbilang rendah dan mudah sekali untuk bisa dihack oleh orang lain.

Guna mencegah hal tersebut maka sebaiknya Anda mulai melakukan step two verification pada Telegram yang dimiliki.

Cara Mengatasi Telegram yang di Hack
Cara Mengatasi Telegram yang di Hack

4. Menghapus Aplikasi yang Misterius

Untuk sekarang ini, bisa dibilang bermacam sekali cara untuk bisa menghack akun yang dimiliki oleh orang lain. Tidak terkecuali akun sosial media seperti Telegram yang tidak bisa lepas dari incaran para hacker untuk bisa diretas.

Apabila dulu, para hacker akan melakukan serangan dengan merancang berbagai sistem maka untuk sekarang ini maka para hacker sudah semakin pintar dan canggih dalam melakukan hacking.

Salah satu cara para hacker untuk bisa menghack akun lain adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Nantinya apabila target membuka aplikasi tersebut maka secara otomatis username dan juga password yang dimiliki akan segera terambil dengan segera.

Apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa dipastikan kerugian berada di pihak Anda. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan harus memperhatikan berbagai aplikasi yang digunakan  pada ponsel Anda.

Pastikan bahwa tidak ada aplikasi misterius dan tidak kenal yang ternyata terinstal di ponsel Anda. Soalnya bisa jadi bahwa aplikasi tersebut merupakan ulah hacker yang ingin menghack akun telegram yang dimiliki.

Jadi sebaiknya Anda selalu memperhatikan dan juga tidak sembarangan dalam mengklik aplikasi yang tidak dikenal di ponsel.

5. Jangan Mengklik Link Sembarangan

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa para hacker juga seringkali melakukan teknik phising guna menghack akun yang mereka inginkan. Metode yang sama juga tidak mustahil dilakukan pada akun Telegram yang Anda miliki.

Jadi apabila Anda mendapatkan link yang misterius di pesan Telegram Anda maka sebaiknya jangan sembarangan untuk diklik. Soalnya bisa jadi bahwa link tersebut merupakan link phising yang apabila diklik maka akan membuat akun Telegram Anda dihack.

Baca Juga Menyembunyikan Status Online WA jadi Offline

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang bagaimana cara mengembalikan akun telegram yang di hack. Jadi apabila nantinya Anda menghadapi masalah yang satu ini maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi. Soalnya cara di atas bisa dijadikan solusi terbaiknya.

Tinggalkan komentar