12 Jenis Cyber Hack Crime yang Harus Kamu Ketahui

Cyber Hack – Semua hal di dunia ini tentunya tak ubahnya sebuah koin yang memiliki sisi negatif maupun sisi positif di dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk kehadiran internet yang tentunya memiliki banyak manfaat terutama mempermudah banyak urusan dan pekerjaan.

Namun jangan lupakan juga dengan sisi negatifnya yang tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Sisi negatif tersebut adalah risiko kejahatan di dunia internet yang terbilang sangat tinggi.

Termasuk cyber hack crime yang tentunya terbilang sangat berbahaya karena akan sangat merugikan apabila sampai menimpa Anda.

Meskipun terbilang terkenal tapi pada kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui cyber crime ini secara mendetail termasuk dengan jenisnya yang terbilang cukup banyak.

Ditambah ada beberapa jenis cyber hack yang tergolong asing. Bagi Anda yang belum tahu, ada 12 macam macam cyber crime yang masih asing untuk banyak orang dan cara mencegahnya seperti berikut ini.

Baca Juga 4 Cara Hack Email Gmail Orang Lain

12 Jenis Cyber Hack yang Harus Dihindari

Jenis Cyber Hack
Jenis Cyber Hack

1. Pencurian Data

Jenis cyber crime pertama yang tergolong paling banyak terjadi di dunia adalah pencurian data. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa pencurian data ini adalah sesuatu yang sepele dan juga sederhana.

Padahal pada kenyataannya, pencurian data ini bukanlah sesuatu yang sepele. Soalnya biasanya pencurian data akan menimbulkan kerugian finansial maupun yang lainnya.

Tidak heran apabila kemudian pencurian data ini dimasukan ke dalam golongan cyber crime yang cukup sering terjadi di berbagai belahan dunia.

2. Cyber Terorism

Dari namanya saja, pastinya Anda sudah bisa menebak tentang cyber crime yang satu ini. Seperti namanya, jenis serangan ini merupakan jenis serangan internet berbentuk terorisme.

Seperti yang diketahui bahwa tindakan terorisme adalah tindakan yang tergolong sangat berbahaya. Soalnya bisa menyebabkan hilangnya nyawa dan juga kekacauan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak negara lantas sangat memerangi cyber terorism ini.

Hal ini bisa dilihat langsung dari banyaknya negara yang melakukan pencegahan besar-besar agar cyber terorism tidak masuk ke negara mereka maupun tidak menyebar secara lebih jauh lagi.

3. Hacking

cyber hack hacking
cyber crime hack hacking

Untuk cyber crime yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Hal tersebut disebabkan karena sudah banyak kasus hacking yang terjadi di berbagai tempat.

Sederhananya, hacking ini adalah tindakan peretasan maupun penyadapan yang digunakan demi kepentingan sebuah pihak. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan apabila sampai menimpa Anda.

4. Carding

Dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini maka banyak hal yang juga ikut berubah. Salah satunya yang berubah adalah cara pembayaran yang sudah tidak berpusat pada cara konvensional lagi.

Termasuk di dalamnya adalah penggunaan kartu kredit yang terbilang sudah banyak digunakan. Sayangnya, penggunaan kartu kredit ini tidak lepas dari berbagai risiko yang berbahaya.

Termasuk cyber crime yang seringkali dikenal dengan nama Carding seperti yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, carding ini adalah sistem penipuan yang menggunakan kartu kredit.

Jadi nantinya ada pihak yang menggunakan kartu kredit milik orang lain untuk kepentingannya sendiri. Hal ini tentunya akan sangat merugikan karena uang yang dimiliki mesti menjadi pihak lain.

Untuk carding ini sendiri bisa dibilang masih banyak terjadi di luar negeri dan cukup jarang terjadi di Indonesia.

Baca juga Cara Hack Akun Kartu Kredit Carding Terbaru

5. Defacing

Jenis cyber crime yang tergolong masih asing adalah jenis defacing seperti yang satu ini. Walau tidak bisa dipungkiri juga bahwa  tingkat bahaya yang dimiliki cyber crime ini sendiri tidak terlalu berbahaya.

Soalnya untuk cyber crime ini sendiri biasanya hanya akan menyerang website-webiste yang tergolong non profit saja. Namun tetap saja, Anda mesti mewaspadai salah satu jenis cyber crime ini.

6. Cybersquatting

Cybersquatting cyber hack
Cybersquatting cyber hack

Untuk jenis yang satu ini juga tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi jenis cyber crime yang tentunya masih cukup asing di telinga banyak orang. Hal tersebut tentunya tidak lepas karena belum banyak kasus tentang jenis cyber crime satu ini.

Meski begitu dampak negatif dari cyber crime ini sendiri juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Soalnya cyber crime yang satu ini akan mencuri domain website milik orang lain.

Hal ini pastinya tergolong akan sangat berbahaya sekaligus merugikan apabila sampai tertimpa padaa Anda.

7. Cyber Typosquatting

Berikutnya adalah jenis cyber typosqu yang bisa dibilang format penyerangannya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis cyber crime yang sebelumnya.

Soalnya cyber crime yang satu ini juga akan menyerang dan merebut domain yang dimiliki oleh sebuah website terkenal.

Biasanya pelakunya sendiri melakukan hal ini untuk memberi citra buruk pada pemilik website tersebut sekaligus menjatuhkan branding miliknya. Sesuatu yang jelas akan sangat merugikan apabila terjadi.

8. Menyebarkan Konten Ilegal

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa menyebarkan konten ilegal ternyata tergolong dalam bentuk dan jenis cyber crime. Menyebarkan konten ilegal ini sendiri bisa berupa penyebaran video porno maupun informasi palsu.

Hal ini tentunya dilakukan demi kepentingan sebagian pihak untuk keuntungan diri mereka sendiri.

9. Jenis Malware

Malware cyber crime
Malware cyber crime

Sedangkan untuk jenis cyber hack lain adalah jenis malware seperti yang satu ini. Untuk jenis malware ini memang semakin banyak saja kasusnya akhir-akhir ini.

Namun nyatanya malware ini tetap saja tidak bisa dipandang sebelah mata oleh siapapun. Soalnya apabila sebuah komputer sampai terkena malware maka bisa mengakibatkan penurunan performa bahkan hingga berbagai file penting yang tidak bisa diakses.

Sesuatu yang pastinya akan menjadi mimpi buruk apabila sampai terjadi.

Baca juga Cara Bobol Kartu Kredit yang Terbaru Ala Hacker

10. Pembuatan Akun Fake Sosial Media

Contoh kejahatan yang tergolong sebagai cyber prime adalah pembuatan akun fake sosial media. Seperti yang diketahui bahwa sosial media memang tengah digandrungi oleh banyak orang.

Soalnya dengan menggunakan sosial media ini maka Anda akan jauh lebih mudah untuk bisa berbagi informasi maupun membangun branding diri. Namun sayangnya dibalik segala manfaatnya ternyata masih banyak orang yang menyalahgunakannya.

Salah satunya adalah menyalahgunakan sosial media untuk membuat akun fake. Nantinya akun fake ini digunakan demi kepentingannya sendiri. Mungkin masih belum banyak yang tahu, kenapa akun fake sosial media ini tergolong cyber crime dan bagaimana mendapatkan keuntungan darinya?

Biasanya akun fake ini akan membuat akun atas nama orang lain dan mulai berpura-pura menjadi orang tersebut. Apabila ada orang atau pihak sudah percaya maka biasanya akun fake ini akan mulai melakukan penipuan.

Tidak terkecuali meminta sejumlah uang pada pihak yang sudah percaya. Apabila hal ini sampai terjadi maka pastinya akan sangat merugikan bagi korban maupun bagi orang yang akunnya dipalsukan oleh si pelaku. Sesuatu yang jelas membuat hal ini tergolong sebagai cyber crime.

11. Serangan Ramsoware yang Fenomenal

Serangan Ramsoware
Serangan Ramsoware

Seperti yang diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, sempat terjadi fenomena yang membuat ramai dunia internet. Fenomena tersebut apalagi kalau bukan serangan ramsoware yang tergolong masif pada banyak komputer dalam waktu bersamaan.

Hal tersebutlah pastinya membuat panik bagi banyak orang. Soalnya ketika sebuah komputer sudah terkena ramsoware ini maka akan membuat komputer tidak bisa digunakan seperti seharusnya.

Ditambah berbagai file maupun data penting pada komputer yang tidak bisa Anda akses karena ditahan oleh ramsoware ini.

Bagi Anda yang ingin kembali mengakses data tersebut maka diharuskan mengeluarkan sejumlah uang guna bisa mengembalikan data yang sudah terkena ramsoware tersebut. Hal ini pastinya akan tergolong sangat merugikan apabila terjadi kepada Anda.

12. Penyebaran Hoax

Sedangkan contoh cyber crime yang terakhir adalah penyebaran hoax yang tentunya memang sedang semakin marak akhir-akhir ini. Meskipun terkesan sepele tapi pada kenyataannya, penyebaran hoax ini tergolong sangat merugikan.

Bahkan sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa penyebaran hoax ini tergolong sangat berbahaya. Fakta tersebutlah yang kemudian tidak heran apabila penyebaran hoax ini termasuk ke dalam contoh cyber crime yang berbahaya.

Baca Juga Cara Hack Kunci Pola HP Android

Cara Mencegah Kejahatan Cyber Hack

Mencegah Kejahatan Cyber Hack
Mencegah Kejahatan Cyber Hack

1. Rutin Melakukan Update pada Perangkat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah untuk mencegah serangan kejahatan cyber hack adalah dengan rutin melakukan update pada perangkat.

Entah pada perangkat android anda, komputer, laptop yang bersistem operasi windows atau linux, sistem website, serta akun akun Bank kartu kredit anda.

Seperti yang diketahui bahwa setiap perangkat tentunya rutin melakukan pembaruan pada sistemnya. Hal ini tentunya berguna untuk membuat perangkat tersebut semakin canggih dan juga semakin mahir untuk terlindungi dari berbagai serangan digital.

Jadi nantinya dengan Anda yang rutin melakukan update ini  maka juga secara langsung akan mengamankan device yang dimiliki dari serangan kejahatan cyber hack yang berbahaya.

2. Gunakan Kombinasi Password yang Kuat

Update Password Cyber Hack
Update Password Cyber Hack

Meskipun terkesan klise tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa password adalah bagian yang penting untuk melindungi keamanan apapun. Tidak terkecuali melindungi keamanan yang dimiliki oleh website Anda.

Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan kombinasi password yang kuat dan juga unik. Kombinasi inilah yang nantinya akan membuat password Anda tidak mudah ditebak oleh orang lain dan juga membuat akun akun Anda menjadi lebih aman.

Jadi sangat disarankan untuk membuat kombinasi password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

Baca juga Cara Hack Instagram dengan Termux

3. Rutin Ganti Password

Selain menggunakan password yang kuat, kamu juga harus rutin mengubah password akun-akun Anda.

Hal ini bertujuan agar password anda semakin sulit untuk di retas karena biasanya kasus cyber hack crime dalam hal ini hacker (hanya jika) membutuhkan waktu lama untuk meretas akun.

Jadi ada baiknya untuk rutin mengganti password akun Anda seperti akun bank, akun sosial media dan lainnya.

4. Lakukan Update

Nyatanya Anda juga hanya rutin melakukan update pada perangkat yang dimiliki tapi juga rutinlah melakukan update device, untuk pembaruan keamanan.

Seperti yang diketahui bahwa sistem seiring waktu bisa dibilang rutin dalam memperbaharui versinya yang tentunya dengan fitur yang lebih canggih dan juga lebih aman.

Jadi nantinya ketika Anda rutin melakukan update ini maka juga akan meningkatkan keamanan untuk akun itu sendiri. Terutama untuk bisa mencegah serangan kejahatan cyber yang bisa menyerang akun Anda kapan saja. Sesuatu yang pastinya tidak ingin sampai Anda alami.

5. Update Tentang Informasi Terbaru

Sedangkan tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan update informasi terbaru. Informasi terbaru yang dibutuhkan adalah seperti serangan kejahatan cyber yang sedang ramai hingga metode pencegahan yang bisa dilakukan.

Soalnya seperti yang diketahui bahwa serangan cyber ini terus semakin canggih saja dari waktu ke waktu. Apabila Anda tidak mendapatkan informasi lengkap tentang serangan cyber ini maka pastinya akan sangat merugikan Anda.

Soalnya hal ini akan sangat meningkatkan risiko Anda terserang serangan cyber yang berbahaya dan pastinya bisa merusak website yang dimiliki.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang 12 jenis jenis cyber crime dan cara mencegahnya yang masih asing untuk banyak orang.

Jadi nantinya dengan mengetahui semua jenis cyber crime tersebut maka pastinya akan mampu membuat Anda menjadi jauh lebih hati-hati lagi.

Tinggalkan komentar